** Produksi Ekonomi Rakyat || Bukti Rakyat Bisa Berkarya **

Manfaat Jahe


Selain untuk bumbu masakan, jahe juga bisa digunakan sebagai obat tradisional. Bahkan pengobatan dengan jahe sudah dilakukan sejak jaman nenek moyang dan resepnya diwariskan turun temurun. Rimpang / umbi jahe kaya akan minyak atsiri dan beberapa senyawa penting yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat kesehatan yang ada pada rempah jahe :

Melancarkan Proses Pencernaan Makanan
Untuk menghilangkan rasa kekenyangan, Anda dapat meminun jahe hangat, karena jahe hangat dapat membantu proses pencernaan makanan. Selain itu, jahe juga bermanfaat untuk membersihkan usus besar, meningkatkan jumlah cairan pencernaan, dan mempermudah buang air besar sehingga perut Anda pun tidak akan terasa penuh lagi.

Mengobati Batuk dan Masuk Angin
Jahe memiliki sifat antijamur, antioksidan, dan antivirus yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Sifat ini dapat membantu mengatasi masuk angin dan batuk. Jahe juga sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengobati flu saat dingin di musim penghujan. Anda bisa minum sari jahe dicampur dengan madu untuk mendapatkan manfaat ini. Selain mencegah batuk dan masuk angin, air jahe hangat juga dapat menghangatkan tubuh sehingga tidak heran jika di luar negeri banyak orang yang makan roti jahe saat musim dingin.

Menyembuhkan Sakit Perut
Jahe mempunyai sifat menenangkan dan analgesik. Sifat jahe ini bisa digunakan untuk meredakan sakit perut dan diare. Untuk penyembuhan sakit perut dengan jahe, Anda bisa minum sari jahe yang diseduh dengan air hangat. Pasti beberapa saat kemudian sakit perut Anda akan segera reda dan perut menjadi hangat.

Mencegah Kanker
Jahe ternyata juga bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker. Ekstrak dari jahe sangat ampuh untuk menghambat beberapa jenis sel kanker di dalam tubuh sehingga kanker tidak akan berkembang. Sari jahe dapat mencegah sembelit yang disebabkan oleh kanker, mencegah pertumbuhan sel kanker usus besar, dan merangsang produksi enzim pencegah kanker prostat. Tidak hanya itu saja, esktrak jahe juga telah terbukti mampu mengentikan penyebaran sel-sel kanker kulit, ginjal, pankreas, dan paru-paru.

Meredakan Bengkak
Dalam dunia medis, sari jahe biasanya digunakan untuk obat penghilang rasa sakit, obat infeksi, dan obat luka. Jahe bersifat anti inflamasi dan dapat berfungsi efektif untuk mengurangi rasa sakit pada penderita reumatik. Untuk mendapatkan manfaat langsung dari jahe, Anda bisa meminum sari jahe hangat yang dicampur dengan madu atau gula.

Menyembuhkan Migrain
Berdasarkan penelitian, jahe ternyata dapat menghentikan prostaglandin yang menyebabkan rasa sakit di kelapa. Dengan sifat jahe ini, jahe dapat bermanfaat untuk mengurangi sakit kepala sebelah atau migrain.

Melancarkan Siklus Menstruasi
Masyarakat di Cina sudah menggunakan jahe sejak lama untuk melancarkan siklus menstruasi dengan cara mencampurkan jahe ke dalam teh yang dicampur dengan gula merah. Selain melancarkan menstruasi ramuan teh jahe ini juga dapat mengurangi kram saat sedang menstruasi.

Mengatasi Mual Pada Wanita Hamil
Morning sickness atau rasa mual, ingin muntah, dan perut kembung di pagi hari bisa diatasi dengan ramuan jahe. Meminum air jahe hangat cukup efektif untuk menghilangkan rasa enek dan mual pada ibu hamil. Selain rasanya yang khas, aroma jahe yang khas juga mampu menghilangkan rasa mual dan ingin muntah.

Mencegah Sakit Gigi
Sifat anti jamur  dan anti bakeri yang dimiliki jamur bisa digunakan untuk mencegah sakit gigi dan nyeri gusi yang disebabkan infeksi bakteri dan jamur di dalam mulut. Sebaiknya jahe yang diminum tidak ditambahkan gula

Menurunkan Kolesterol
Manfaat jahe yang terakhir adalah menurunkan kadar kolesterol. Hal ini disebabkan karena jahe bersifat menurunkan kolesterol dan membersihkan darah sehingga selain mampu menurunkan kolesterol, jahe juga mencegah pembekuan darah dan serangan jantung.

Back To Top