** Produksi Ekonomi Rakyat || Bukti Rakyat Bisa Berkarya **

Manfaat Gula Aren

Manfaat gula aren seperti sudah banyak diketahui masyarakat, salah satunya adalah sebagai penambah tenaga. Berbeda dengan gula putih / gula kristal yang berasal dari tebu, gula aren ini berwarna merah dan lebih rendah kalori. Gula aren sendiri terbuat dari nira dan setelah diolah akan berwarna merah, sehingga banyak orang yang menyebutnya gula merah, ada juga yang menyebutnya gula jawa. Tidak hanya dipadatkan dengan dicetak, gula aren juga diolah menjadi gula semut. Disebut gula semut karena bentuknya serbuk kasar seperti kerumunan banyak semut.

Digunakannya gula aren pada minuman dan makanan tradisional ternyata selain menambah kenikmatan ternyata juga memberikan banyak manfaat.
  1. Sebagai bahan dasar pembuatan masakan
    Rasa manis dan legit serta nikmat membuat gula aren menjadi salah satu bahan dasar dalam makanan dan minuman khas Indonesia. Diantaranya ada es kelapa muda, klepon, putu, gudheg.
  2. Penambah tenaga
    Gula aren mampu memberikan tenaga dan energy yang cukup meskipun kandungan kalorinya tidak tinggi. Biasanya para pendaki gunung membekali mereka dengan gula aren sebagai penambah energy dan tenaga ketika lelah.
  3. Mencegah anemia
    Kandungan zat besi yang cukup tinggi membuat gula aren dapat digunakan untuk meningkatkan produksi sel – sel darah merah sehingga dapat mencegah kekurangan darah atau anemia. Dengan begitu, gejala – gejala yang disebabkan oleh anemia seperti lemah, lelah, letih, lesu, lemas, mudah terserang penyakit, berkurangnya daya tahan tubuh, dan kurang bersemangat dapat dihindari.
  4. Memperlancar peredaran darah
    Khasiat lain yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi gula aren adalah peredaran darah menjadi lancar. Dengan begitu maka tubuh akan terhindar dari bebagai macam gangguan yang diakibatkan oleh peredaran darah yang tidak lancar, seperti menurunnya konsentrasi akibat suplai oksigen ke otak berkurang, gagal jantung karenan kinerja jantung terlalu berat, gangguan pada organ lain akibat dari kurangnya suplai darah, tubuh terasa cepat lelah dan lemas, dan juga resiko terkena penyakit kardiovaskular.
  5. Meningkatkan daya tahan tubuh
    Kandungan yang ada pada gula aren mampu memicu naiknya daya tahan tubuh. Dengan terjaganya sistem imun maka akan sulit terserang penyakit, selalu merasa segar, tidak mudah lelah, dan mampu mengoptimalkan fungsi dan kinerja organ – organ dalam tubuh
  6. Menjaga kadar kolestrol tubuh
    Niacin merupakan kandungan penting pada gula aren karena mampu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dan menjaga kenormalan kadar kolesterol tubuh. Kadar kolesterol yang tinggi dapat mengakibatkan diabetes, jantung koroner, stroke, asam urat, mudah lelah, mudah mengantuk, kurang konsentrasi, dan sesak nafas. Selain itu, kandungan niacin juga dapat digunakan untuk menghaluskan dan menjaga kesehatan kulit
  7. Sebagai campuran pada ramuan obat tradisional
    Selain memberikan rasa manis pada obat tradisional atau jamu, gula aren juga membantu mengoptimalkan kualitas ramuan herbal. Ramuan tradisional yang biasanya menggunakan gula aren sebagai salah satu bahan dasarnya adalah ramuan untuk asam urat, reumatik, pegal – pegal, masuk angin, demam, flu, dan batuk.
  8. Sebagai bahan pemanis rendah kalori
    Berbeda dengan gula putih, gula aren merupakan pemanis yang rendah kalori. Sehingga tidak menyebabkan obesitas maupun diabetes.
  9. Mengobati sariawan
    Kandungan niacin ternyata juga bisa digunakan untuk mengobati sariawan. Cukup dengan menempelkan gula aren pada sariawan.
  10. Baik untuk diet
    Rendahnya kalori yang ada pada gula aren, membuat gula aren dapat menjadi pemanis pada makanan bagi mereka yang sedang menjalani program diet.
  11. Menghangatkan tubuh
    Kandungan nutrisi dan unsur kimia pada gula aren mempunyai kemampuan menghangatkan tubuh. Stabilnya suhu tubuh dapat membuat badan menjadi terhindar dari penyakit flu.
  12. Meningkatkan sistem pencernaan
    Gula aren dapat menghindarkan dari masalah gangguan pencernaan. Hal ini dikarenakan niacin pada gula aren dapat membantu menyehatkan organ – organ pencernaan.
  13. Sumber anti-oksidan
    Banyaknya kandungan anti-oksidan dalam gula aren dapat berguna sebagai penangkal radikal bebas, dan juga berfungsi sebagai pelindung tubuh dari ancaman penyakit yang berbahaya seperti kanker kulit.
Meskipun memiliki banyak khasiat, ada baiknya jika dalam mengkonsumsi gula aren tidaklah berlebihan. Karena sesuatu yang berlebihan lebih sering mengakibatkan efek negatif.


Produk SAMPUN yang berbahan gula aren :
  1. Kopi Aneka Rasa SAMPUN
  2. Teh Rempah Daun Mengkudu
  3. Kecap SAMPUN
  4. Sirup Rempah SAMPUN
Back To Top